Petani Sukses 2020: Bukan Hanya Panen Melimpah, Namun Memiliki Hal-hal Di Bawah Ini!

Apa arti petani sukses untuk Sahabat Pak Tani semua?

Panen melimpah? Untung berkali-kali lipat? Ya! Tentu saja dua hal itu bisa jadi patokan untuk mengukur seberapa suksesnya seorang petani ya! 

Misalnya kisah Ulus Pirmawan, seorang petani baby buncis super asal Kecamatan Lembang, beliau bisa mengekspor panen baby buncisnya sampai ke Singapura dan Hongkong sejak tahun 1995. Beliau juga dinobatkan sebagai ‘petani teladan’ se-Asia-Pasifik dari organisasi pangan dan pertanian dunia (Food and Agriculture Organization of the United Nation/FAO) pada tahun 2017 lalu. 


Cerita lainnya berasal dari Desa Pampang, Kecamatan Paliyan, dimana sebuah Kelompok Tani (Poktan) Milenial Taruna Karya akhirnya memilih berjualan online dalam menjual hasil tanaman sayur-sayuran dan hortikultura. Pak Budi selaku ketua Poktan Milenial Taruna juga menambahkan bahwa pemakaian media sosial (online) dalam menjual hasil panen merupakan langkah inovatif yang bisa dilakukan terkhususnya di masa pandemi.

Apa yang membuat kedua petani di atas sukses? Tidak sekadar hasil yang memuaskan, namun mereka memiliki keinginan untuk belajar, berinovasi dan berkreasi!

Tentu dengan kerja keras juga ya, namun ada hal lain yang khususnya dilakukan oleh Kelompok Tani (Poktan) Milenial Taruna Karya untuk menunjang kesejahteraan petani zaman sekarang diluar dari mengupayakan hasil panen melimpah yaitu inovasi dan kreativitas! Dengan memanfaatkan internet, mereka mengubah cara berjualan yang lama dengan cara baru, yakni dengan media sosial, bisa dengan WhatsApp, Facebook, dan Instagram.

Setelah memiliki keinginan untuk belajar, kita harus memiliki keinginan untuk mencobanya langsung!

Banyak hal yang bisa Sahabat Pak Tani coba dalam berinovasi dan berkreasi, misalnya diawali dengan banyak berdiskusi dengan teman lain, atau bisa mulai mencoba memanfaatkan internet. Apa yang Sahabat Pak Tani bisa lakukan saat online?

  • Belajar gratis tentang pertanian, pupuk, pengendalian hama melalui Youtube, grup Whatsapp, grup Facebook Tani, dan banyak lagi. 

Sahabat Pak Tani bisa membuka laman pencarian di handphone, lalu mencari kata kunci seperti hama wereng, pupuk kalium, dan lain-lain. Akan banyak sekali sumber informasi yang bermanfaat, salah satunya dengan mengunjungi laman Facebook Saprotan Utama!

  • Mencari produk-produk terbaik agar hasil panen Sahabat Pak Tani maksimal!

Misalnya dengan melihat katalog produk di laman pencarian atau media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan lain-lain.

  • Memasarkan hasil panen Sahabat Pak Tani secara online.

Inilah yang dilakukan oleh Kelompok Tani (Poktan) Milenial Taruna Karya yang kita baca di atas, namun langkah ini akan maksimal bila dilakukan bersama-sama. Ajak kelompok tani setempat untuk berdiskusi dan bekerja sama!

Susah-susah-gampang tapi layak dicoba!

Mencari informasi dengan jaringan internet handphone mungkin sesuatu yang baru untuk sebagian dari kita seperti  belajar lewat video Youtube, bertukar informasi lewat WhatsApp, bahkan memasarkan hasil panen dengan internet barangkali bukan hal yang mudah pada awalnya ya, Sahabat Pak Tani?

Namun, diluar semua itu, yang paling penting untuk kita semua adalah kemauan untuk belajar, kemauan untuk berinovasi dan keinginan untuk maju, jadi bukan hanya makin ahli memanfaatkan internet, melainkan Sahabat Pak Tani bisa makin ahli dalam memanfaatkan setiap peluang dan kesempatan yang ada, dan kami, Pak Tani Saprotan Utama siap mendukung upaya-upaya meningkatkan kemajuan petani Indonesia dengan memberikan informasi dan pelayanan terbaik bagi Sahabat Pak Tani semua!

Untuk tips & info seputar tani selengkapnya, yuk follow juga akun sosial media kami:

Facebook: https://www.facebook.com/SaprotanUtama/

Instagram: https://www.instagram.com/saprotanutama/

Atau Sahabat bisa langsung #TanyaPakTani untuk berkonsultasi gratis mengenai masalah pertanian, budidaya, produk, dan lain-lain melalui nomor Whatsapp 08112850050 atau klik aja button layanan pelanggan di website ini.

Kembali Ke Cerita
Bagikan Artikel Ini
Share to FacebookShare to TwitterShare to WhatsappCopy Link

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.