Mengenal Jenis-Jenis Pupuk NPK Saprotan Utama

Sahabat Pak Tani tentu sudah familiar dengan keberadaan pupuk NPK ya? Pada artikel ini kita akan membahas jenis-jenis pupuk NPK dengan formulasi dan manfaatnya yang berbeda-beda.

Pada dasarnya, pupuk ini adalah pupuk majemuk yang mengandung tiga unsur hara makro, yaitu Nitrogen (N), Phosphate (P), dan Kalium (K). Unsur NPK ini adalah unsur penting yang membantu tanaman melangsungkan serangkaian proses pertumbuhan. Berikut ini adalah penjabaran manfaat masing-masing hara tersebut:

1. Unsur N (Nitrogen)

Unsur hara N berfungsi untuk merangsang pertumbuhan tanaman dan pembentukan zat hijau daun (klorofil) yang akan menjadikan tanaman lebih hijau. Kekurangan unsur N akan mengurangi hasil produksi karena kekurangan N akan mengganggu proses fotosintesis tanaman.

2. Unsur P (Phosphate)

Unsur hara P adalah unsur hara yang sangat penting bagi pertumbuhan tanaman karena fungsinya sebagai penyimpan dan penyalur energi untuk aktivitas metabolisme tanaman. Oleh sebab itu, Phosphate dapat membuat akar dan batang lebih kokoh, merangsang pembungaan juga pembentukan buah, dan membuat tanaman inang lebih tahan terhadap hama & penyakit.

3. Unsur K (Kalium)

Unsur hara K yang adalah aktivator enzim dalam metabolisme tanaman juga sering disebut “unsur hara mutu” karena peran pentingnya pada ukuran, rasa, bentuk, warna, hingga daya simpan hasil pertanian. 

Pengembangan Pupuk NPK

Namun dalam pengembangannya, NPK terus diperlengkapi dengan tambahan unsur hara mikro seperti Kalsium, Magnesium, Sulfur, Copper, Zinc, Mangan, Besi, Boron, dll agar dapat memaksimalkan proses pertumbuhan budidaya tanaman tertentu.

Berikut ini adalah jenis-jenis pupuk NPK dengan bentuk granular merk Pak Tani – Saprotan Utama:

1.NPK 15-15-15+TE

Pupuk npk

Pupuk NPK 15-15-15+TE adalah pupuk NPK seimbang yang diperkaya dengan unsur TE (Trace Element) seperti Copper, Zinc, Mangan, dan Besi yang sesuai dengan kebutuhan tanaman.

  • Copper (Tembaga) yang mendorong terbentuknya zat hijau daun (klorofil) dan merupakan komponen utama pembentuk beberapa jenis enzim.
  • Zinc yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan tanaman karena perannya dalam biosintesis auksin, pemanjangan sel dan ruas batang.
  • Mangan (Mn) yang memperlancar proses asimilasi, unsur mikro ini juga adalah komponen penting dalam pembentukan dan melancarkan kerja enzim.
  • Besi (Fe) berfungsi dalam proses pernapasan tanaman dan pembentukan zat hijau daun (klorofil).

Lebih detailnya dapat dibaca melalui: https://saprotan-utama.com/product/npk-15-15-15-te/

2. NPK PAK TANI 15-15-15 PREMIUM

Pupuk NPK 15-15-15 Premium adalah pupuk NPK seimbang yang diperkaya dengan unsur hara MgO, CaO, S, Si dan dilengkapi unsur hara TE (Cu, Mn, Zn, Fe). Berikut fungsi dari semua unsur yang terkandung dalam Pupuk NPK 15-15-15 Premium.

  • Magnesium (MgO) yang berperan dalam pembentukan klorofil (zat hijau daun), sehingga proses fotosintesis bisa optimal.
  • Kalsium (CaO) yang berfungsi untuk mencegah pecah buah dan busuk pangkal buah, serta meningkatkan tahan simpan buah lebih lama. Unsur Kalsium juga berfungsi untuk menaikkan pH tanah.
  • Sulfur (S) yang berfungsi meningkatkan kadar minyak pada tanaman biji-bijian dan mempertajam aroma khas pada tanaman bawang.
  • Silika (Si) yang berfungsi menjaga daun tetap tegak sehingga membantu penangkapan cahaya matahari dalam proses fotosintesis.
  • Copper (Tembaga) yang mendorong terbentuknya zat hijau daun (klorofil) dan merupakan komponen utama pembentuk beberapa jenis enzim.
  • Zinc yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan tanaman karena perannya dalam biosintesis auksin, pemanjangan sel dan ruas batang.
  • Mangan (Mn) yang memperlancar proses asimilasi, unsur mikro ini juga adalah komponen penting dalam pembentukan dan melancarkan kerja enzim.
  • Besi (Fe) berfungsi dalam proses pernapasan tanaman dan pembentukan zat hijau daun (klorofil).

3. NPK 16-16-16 PAK TANI BIRU 

Nah, berbeda dengan varian NPK sebelumnya, Pupuk NPK 16-16-16 Pak Tani Biru adalah pupuk NPK seimbang yang diperkaya dengan unsur TE (Copper, Zinc, Mangan, dan Boron) dan juga MgO, CaO serta S. 

Dalam tiap granular-nya mengandung unsur hara yang lengkap, dan nitrat yang sangat mudah diserap oleh tanaman, sehingga cepat memacu pertumbuhan tanaman pada fase vegetatif hingga memaksimalkan pertumbuhan generatif tanaman.

Lebih detailnya dapat dibaca melalui: https://saprotan-utama.com/product/npk-16-16-16-biru/

4. NPK 16-16-16 PAK TANI MERAH 

Sedikit berbeda dengan NPK 16-16-16 Pak Tani Biru, NPK 16-16-16 Pak Tani Merah adalah pupuk NPK seimbang yang diperkaya dengan unsur MgO dan CaO tanpa ada tambahan unsur TE. NPK 16-16-16 Pak Tani Merah dapat memacu pertumbuhan vegetatif dan memaksimalkan pertumbuhan generatif sesuai kebutuhan tanaman, pembungaan, pembuahan dan pengisian buah.

NPK Pak Tani Merah 16-16-16 berbentuk granular mudah larut dalam air, sehingga mudah diaplikasikan sebagai pupuk dasar maupun sebagai pupuk susulan dengan cara ditabur, ditugal maupun sistem kocoran/siram.

Lebih detailnya dapat dibaca melalui: https://saprotan-utama.com/product/npk-16-16-16-merah/

5. NPK 25-9-9+2Ca+TE PAK TANI (untuk fase vegetatif)

NPK 25-9-9+2Ca+TE Pak Tani adalah pupuk dengan kandungan N=25%, P=9%, K=9% yang diperkaya dengan Kalsium, Magnesium dan Sulfur serta tambahan unsur TE : Fe, Boron, Zinc, Copper, dan Mangan.  

Dengan kandungan Nitrogen sebagian (11,75%) dalam bentuk Nitrat sehingga cepat terserap tanaman. Pupuk ini ini lebih cocok digunakan untuk memacu khusus pertumbuhan awal tanaman, yaitu pada fase vegetatif.

NPK 25-9-9+2Ca+TE Pak Tani  juga bisa dipakai secara luas untuk semua tanaman: padi, jagung, hortikultura, sayuran, dan buah-buahan serta tanaman perkebunan.

6. NPK HOLLAND 15-15-15

Pupuk NPK Holland 15-15-15 adalah murni pupuk seimbang tanpa tambahan hara sekunder dan mikro lainnya. Pupuk NPK Holland 15-15-15 bisa digunakan untuk pupuk dasar maupun susulan untuk tanaman pangan, palawija, hortikultura, maupun tanaman perkebunan. Pupuk NPK Holland 15-15-15 dapat diaplikasikan dengan cara ditabur, ditugal atau dapat juga dikocor.

Lebih detailnya dapat dibaca melalui: https://saprotan-utama.com/product/npk-holland-15-15-15/

7. NPK MAGNUM (untuk fase generatif)

Pupuk NPK Magnum diformulasikan dengan kandungan Kalium (Potassium) tinggi, dilengkapi dengan Magnesium serta Sulfur, sehingga sangat cocok digunakan pada fase generatif pada semua tanaman. Pemupukan pada saat menjelang pembungaan dan saat pengisian buah atau biji sehingga memberikan hasil panen maksimum dan optimum.

  • Mengandung unsur hara seimbang Nitrogen, Phosphate dan Kalium (Potassium) dilengkapi Magnesium dan Sulfur.
  • Kandungan Nitrogen sebagian dalam bentuk Nitrat sehingga cepat terserap tanaman.
  • Sangat mudah larut dalam air sehingga bisa diaplikasikan sebagai pupuk dasar maupun pupuk susulan terutama dengan cara kocoran atau disiram.
  • Unsur hara Nitrogen, Phosphate, dan Kalium (Potassium) mudah diserap oleh tanaman, sehingga memacu pertumbuhan tanaman pada masa vegetatif. Unsur hara tersebut juga memaksimalkan pertumbuhan generatif sesuai kebutuhan tanaman pada fase pembungaan maupun pembuahan dan pengisian buah.

Lebih detailnya dapat dibaca melalui: https://saprotan-utama.com/product/magnum/

8. NPK 12-12-17-2 Pak Tani

Pupuk NPK 12-12-17-2 Pak Tani adalah pupuk dengan kandungan Kalium yang sedikit lebih tinggi dan tambahan hara mikro Magnesium. Pupuk NPK 12-12-17-2 Pak Tani mengandung unsur hara yang sangat mudah diserap oleh tanaman sehingga cepat memacu pertumbuhan pada fase vegetatif. 

Pupuk NPK 12-12-17-2 Pak Tani memiliki ciri khas dengan kaliumnya yang tinggi sehingga memaksimalkan pertumbuhan generatif pada ukuran, rasa, bentuk, warna, hingga daya simpan hasil pertanian.

9. NPK PADI 21-14-7+2MgO+2S+TE

Pupuk NPK Padi Pak Tani adalah pupuk yang diformulasikan untuk memaksimalkan pertumbuhan budidaya tanaman padi yang diperkaya dengan unsur TE (Cu, Zn, Mn, Fe). Pupuk NPK Padi Pak Tani memiliki unsur hara Nitrogen yang lebih tinggi, pupuk ini baik untuk memacu pertumbuhan dan menambah anakan tanaman.

Diseimbangkan juga dengan Phosphate yang juga menjaga agar batang tetap kokoh, perakaran baik, dan daun bendera lebih hijau. Tambahan hara mikro Magnesium dan Sulfur pada NPK padi juga penting untuk menunjang proses fotosintesis tanaman.

Lebih detailnya dapat dibaca melalui: https://saprotan-utama.com/product/npkpadi/

10. NPK SAWIT

pupuk sawit

Sama dengan Pupuk NPK Padi, Saprotan Utama juga mengembangkan beberapa varian pupuk NPK untuk tanaman sawit, mulai dari untuk pembibitan, awal tanaman belum menghasilkan (TBM), hingga untuk tanaman yang sudah menghasilkan. Jenis varian NPK Sawit Pak Tani :

  • NPK Sawit 15-15-6-4 (Pembibitan)
  • NPK Sawit 12-12-17-2+TE (Tanaman Belum Menghasilkan)
  • NPK Sawit 13-6-27-4+0,65B / NPK Sawit 13-8-27-4+0,5B (Tanaman Menghasilkan)

Lebih detailnya dapat dibaca pada artikel berikut ini: https://saprotan-utama.com/pupuk-sawit/

Bagaimana Sahabat Pak Tani sudah jelas perbedaan pupuk NPK satu dan lainnya?

Jika Sahabat memiliki pertanyaan, bisa langsung #TanyaPakTani untuk berkonsultasi gratis mengenai masalah pertanian, budidaya, produk, dan lain-lain melalui nomor Whatsapp 08112850050 atau klik tombol layanan pelanggan di website ya!

Kembali Ke Cerita
Bagikan Artikel Ini
Share to FacebookShare to TwitterShare to WhatsappCopy Link

0 thoughts on “Mengenal Jenis-Jenis Pupuk NPK Saprotan Utama

  • Jadi kalo dalam masa pertumbuhan pakai pak Tani biru dan pembuahan pakai yang Magnum ya pak?
    Kalau di Batam apakah sudah ada yang jual pak ?

  • Adi Wijaya says:

    Assalamu’alaikum,
    Saya sedang coba menanam cabai di rumah,
    Untuk tanaman cabai usia 2 bulan sebaiknya menggunakan pupuk apa?
    Bagaimana cara menggunakan nya?
    Terima kasih

  • Ardhi Hardiyan says:

    Assalamu’alaikum,
    Mau tanya untuk wilayah Pekanbaru / Riau ada gak ya toko atau distributor yg jual produk2 dari saprotan utama ? mohon info nya tks

  • Kastono Wijaya says:

    Assalamu’alaikum, untuk wilayah Lampung ada distributor yg jual produk2 dari saprotan utama…? mohon info nya. Terimakasih

  • Nefia Leztari says:

    Selamat siang..salam sehat..
    Sy punya bbrpa pohon buah:
    ▪ Mangga; 1 pohon berusia 6thnan yg saat ini baru pertama kali muncul sedikit bunga/pentil buah…dan 2 pohon usia sama tp belum pernah berbuah..
    ▪ Sirsak : banyak berbunga tapi selalu gugur tidak jadi buah..

    Apakah tanah di bawah pohon2 tsb harus terbuka? Karena skrang ini kami tutup dgn paving block kecuali di sekita batang utama (kurleb diameter 1m)

    Mohon sarannya apa yg harus kami lakukan dan pupuk apa yg harus kami berikan agar pohon2 buah kami menjadi produktif..

    Tetima kasih sebelumnya atas bantuannya

    • siang pak. untuk mangga bapak aplikasikan pupuk NPK 16-16-16 1 kilo/pohon + pupuk kandang dan dolomit seckupnya.
      setelah satu bulan bapak aplikasikan MKP 5 sdm/5 liter/pohon dan POSTON 30 ml/5liter/pohon nanti setelah berbunga bapak aplikasikan MKP dengan dosis yang sama.

      Untuk sirsak bapak cukup aplikasikan MKP pak tani dosisnya 5 sdm/5 liter/pohon . setelah berbunga banyak bapak singkirkan beberapa bunga agar sirsak bisa besar maksmimal. setelah berbuah aplikasikan PN pril ke pohon sirsaknya pak.

  • Kalo utk cabe, mulai dari pembibitan s/d berbunga bagusnya pake NPK jenis apa saja….?

    Dan kalo utk kelapa/dogan bagusnya gimana, produk pak tani apa saja yg bisa dipakai, mulai dr pembibitan smp berbuah, dan kalo emang memungkinkan bisa cepat berbuah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.